Jumat, 18 September 2015

MRT ? Siapa sih ?... Apa sih ?...

Agan pasti pada ngikutin berita ya... Betul sekali, akhir-akhir ini di jakarta lagi marak membicarakan tentang  'MRT'. Apa sih gan MRT itu ? Cantik nggak anaknya ? Sekarang kelas berapa ? Anaknya siapa dia ? itu yang muncul di ubun-ubun saya gan.

 
Penasaran banget saya pengin tahu apa MRT itu dan seberapa pentingnya sampai harus diributin banyak orang, kalo agan sekalian juga penasaran bisa lanjut baca tulisan ini.


Saya rasa perlu ya gan mengobati penasaran ini dengan pergi ke 'orang tua' yang sudah lama saya kenal, karena beliau sudah terbukti mampu membantu saya untuk menyelesaikan segala masalah pelik yang menimpa hidup saya. Mau saya kenalin gan ? masa nggak kenal si ? itu tu mbah Google namanya... :P Dan betul saja setelah saya meminta nasehat beliau saya bisa dapat informasi banyak tentang tokoh papan atas yang satu ini. MRT itu gan diambil dari singkatan bahasa inggris yaitu 'Mass Rapid Transport' yang artinya Transportasi Massal Cepat. Kenapa nggak bahasa Indonesia aja ya gan ? mungkin itu hanya Tuhan dan si mrt itu yang tahu gan ?

Proyek pembangunan luar biasa yang memakan biaya triliunan rupiah ini sebenarnya sudah direncanakan lama ya gan. Tapi karena menemui berbagai hambatan baik dari pembiayan dan ketersediaan lahan maka baru tahun ini bisa dimulai. Nah untuk memulai pengerjaan jalur MRT ini, dipilihlah tempat yang cocok yaitu di sekitar Patung Pemuda, tentunya di jakarta kan gan... Kenapa harus di Patung Pemuda ? Ya iyalah masa di patung Liberty kan jauh gan...

Proyeknya luarbiasa mahal, prosesnya pasti sulit ya kan ? Iya dong gan kan bawah tanah. Kalo bawah sadar suruh hipnotis aja kan ya. Betul gan pengerjaan proyek ini harus menembus bawah tanah di kota jakarta gan jadi perlu sebuah mesin yang sangat canggih yang bisa mengebor, membangun sekaligus bebas mogok. Kan lucu kalo mogok trus siapa yang mau dorong ? Ya kan gan. Mesin amat canggih sekali ini didatangkan dari Jepang gan, trus menurut situs jakartamrt.com diberi nama TBM atau Tunnel Boring Machine.


TBM (Tunnel Boring Machine) ini bukan cuma canggih aja gan. Ukurannya juga besar anjrit. Punya diameter 6,7 m dan panjang 43 m ini terdiri dari  banyak bagian ya gan. Bagian paling depan punya komponen utama yaitu mata bor (cutterhead) untuk membuat lubang di tanah nantinya gan. Setelah itu di bagian belakangnya dilengkapi bodyblock dan juga motorhouse untuk menjalankan mesin ini. Paling belakang ada backup cars yang fungsinya buat cadangan kalo ada bagian mesin yang rusak atau macet. Nah, begitu ribetnya sampai-sampai TBM ini beratnya bisa mencapai 323 ton... Luar binasa...!!!

Kan udah di bahas tadi ya gan, proyek ini butuh dana yang luar biasa besar. Trus darimana ya uang buat pembangunan MRT ini ? Nah sekarang gan kita mau bahas tentang siapa saja yang mengucurkan dana buat proyek besar satu ini. Disebutkan bahwa pemerintah pusat atau APBN menyumbang sebagian dari biaya proyek ini ditambah APBD dari Propinsi DKI Jakarta juga ada sokongan dana berupa pinjaman dana dari JICA atau Japan International Cooperation Agency.

Proyek MRT ini rencananya akan dimulai 21 September tahun ini gan. Jadi agan yang penasaran (saya juga penasaran bgt) bisa mengikuti berita yang berkaitan dengan MRT ini mulai tanggal tersebut sampai selanjutnya. Semoga ini bisa menambah wawasan agan sekalian, makasi juga kalo agan mau menyempatkan komentar untuk peningkatan blok ini gan. Sampai jumpa untuk tulisan berikutnya ya gan...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar